Minggu, 10 Maret 2024

The Terror: A valuable lesson

 

Nonton film yang berjudul The Terror, banyak lesson yang aku dapatkan. Film tersebut diambil dari kisah nyata. Sebuah ekspedisi dari inggris diutus oleh kerajaan untuk melakukan eksplorasi daerah kutub utara, guna menemukan jalur pelayaran baru. Misi tersebut berlangsung pada tahu 1800an.

Konflik yang dimunculkan di film tersebut adalah adanya makhluk misterius yang mengganggu jalannya ekspedisi. Namun bukan hal itu yang memicu ku untuk merenung dan mengambil pelajaran, melainkan betapa orang-orang eropa sejak jaman dahulu kala sudah memiliki jiwa petualang yang luar biasa.

Aku jadi tersadar tentang fakta bahwa sudah sedari jaman old, orang-orang eropa melakukan eksplorasi ke berbagai belahan dunia. Mereka mendirikan berbagai koloni, menemukan harta karun, dan menebarkan pengaruh ideologi. Sekarang mereka berada pada jajaran negara-negara sukses makmur dan berpengaruh secara ekonomi dan politik dalam percaturan dunia.

Di saat orang-orang eropa mengeksplorasi dunia pada jaman dahulu, penduduk nusantara masih mendiami wilayah yang relative sempit, bertahan di sana, dan menjalani hidup apa adanya tanpa memiliki visi eksplorasi sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang eropa. Mungkin kerajaan Sriwijaya masuk pengecualian. Malah, justru mereka menjadi objek eksplorasi negara-negara eropa tersebut. Mereka baru tersadar bahwa wilayah mereka kaya akan “harta karun” berupa rempah-rempah yang tinggi nilainya. Rempah-rempah tersebut lah yang mengundang negara-negara eropa untuk menjajah wilayah nusantara. Negara-negara eropa menjadi Makmur dan kaya dari mengeksploitasi kekayaan nusantara dan negara lainnya.

Dari fakta ini, ada hal yang bisa disimpulkan, bahwa jiwa petualang dan mengeksplorasi hal-hal baru identik dengan kemajuan. Setidaknya, sejarah telah membuktikannya, betapa orang-orang eropa yang sedari dahulu suka berpetualang dan melakukan eksplorasi sekarang menjadi negara sukses Makmur. Fakta juga membuktikan bahwa orang-orang yang sukses Makmur serta berpengaruh juga pada umumnya bukan orang yang hanya berdiam diri melakukan hal-hal yang statis. Mereka berpetualang, berjejaring, melakukan eksperimen, melakukan hal-hal baru, mengambil resiko, dan akhirnya mereka sukses.

Jiwa petualang dan suka bereksplorasi telah lama menjadi kunci kejayaan manusia. Manfaat terkecil dari jiwa petualang dan kemauan untuk eksplorasi adalah tumbuhnya karakter open-minded. Munculnya optimisme dan keyakinan bahwa begitu banyak peluang yang terhampar di bumi ini.

Teruslah berpetualang. Teruslah melakukan eksplorasi. Jangan berhentidi suatu titik terlalu lama, karena hidup terus berubah. Dengan begitu, kamu akan bisa surfing on the waves and eventually flourishing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar