Jumat, 29 Maret 2024

Speed Kills, Truly Wealth is Built Slowly

 



Kalimat di atas adalah sebuah kutipan dari Keith Cunningham. Kau tak begitu tau tentan apa kapasitas beliau, apa latarbelakang beliau, bisnis apa yang beliau jalankan, atau kesuksesan macam apa yang beliau raih dalam hidupnya hingga beliau bisa membuat kata-kata Mutiara tersebut.

Yan jelas, kata-kata beliau relevan banget dengan konteks pencapaian kesuksesan. Begitu banyak contoh kesuksesan yang diraih secara instan berakhir instan pula. Begitu banyak pula contoh orang-orang yang berhasil meraih kesusksesan besar melalui proses “berdarah-darah” dan kesuksesan tersebut sustainable. Dari contoh-contoh tersebut, aku bisa menyimpulkan bahwa cepat itu cenderung kurang bertahan lama. Sementara hasil yang terwujud melalui proses yang Panjang biasanya Panjang pula umurnya.

Sebagian orang mengatakan bahwa di jaman sekarang yang penuh dengan fasilitas, sukses bisa dengan cepat diraih. Orang lalu menambahkan bahwa sukses cepat bisa diraih bila kita bekerja cerdas. Kalimat atau pendapat seperti itu bisa misleading jika disalah-pahami oleh orang. Kecepatan proses itu memang relative. Namun, tidak ada orang yang benar-benar cepat dalam meraih kesuksesan. Anak-anak muda yang pada jadi OKB melalui perdagangan Crypto, misalnya, mereka tidak belajar dan menekuni dunia crypto dalam waktu semalam. Mereka pasti menghabiskan setidaknya beberapa tahun hingga benar-benar membuahkan hasil. Lalu mereka tampil ke public memberikan kuliah tentang membangun kesuksesan. Kemudian orang-orang yang baru melihat anak muda tersebut berpikir bahwa dia meraih kesuksesan secara relative instan karena kerja cerdas. Inilah misleading itu.

Kadang aku merasa inferior, menilai bahwa aku bukanlah tipe action-taker. Setidaknya itu yang beberapa orang nilai tentang aku. Mereka melihat ku sebagai orang yang tidak berani bertindak mewujudkan ide. Aku tak perlu se-inderior itu. aku adalah seorang action-taker. Aku, dalam beberapa hal, memang pelan dalam menjalani proses. Tapi yang jelas aku suka berproses. Sebagaimana proses menjadi seorang exportir sukses yang sedang aku jalani ini. Aku baru menjalani kurang dari setahun. Bahkan secara aktif aku baru menjalaninya kurang dari enam bulan. Aku memang belum mencapai titik kejayaan. Namun aku adalah seorang action-taker, and here I have been taking the action.

Kecepatan belajarku sepertinya tak sebegitu melesat orang lain. Tapi aku sedang mengarungi proses. Tak apa jika tak begitu cepat, yang penting aku terus melaju. Insya Alloh nyampai juga.

Sebagaimana hal yang disampaikan oleh Keith Cunninhgam, bahwa kecepatan itu membunuh, sementara kejayaan besar sejatinya dibangun melalui proses yang pelan.

Bismilah….aku sudah sedang berada di jalur yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar