Sabtu, 17 Februari 2024

Tak ada ruginya berproses menjadi eksportir sukses

  

Tidak ada ruginya sama sekali dengan berproses untuk menjadi seorang eksportir sukses. Karena andai pun kamu tidak mencapai sukses besar, minimal kamu akan meraih beberapa hal positif.  

Pertama, kemampuan berkomunikasi kamu akan naik. Hal ini dikarenakan dalam proses menjadi eksportir kamu akan dituntut untuk banyak melakukan korespondensi dengan para calon buyer dan bernegosiasi dengan mereka.

Kedua, kamu akan memiliki kemampuan digital marketing. Berproses menjadi seorang eksportir, kamu akan diharuskan untuk menguasai dan mempraktikkan digital marketing. Kamu harus memiliki kemampuan untuk membuat website, beriklan di media sosial, familiar dengan membuat akun di beberapa platform marketplace B2B, familiar dengan email marketing dan lainnnya. Sekalipun, andai itu terjadi, kamu tidak sepenuhnya sukses (which is unlikely to happen if you focus on it), maka kamu bisa menggunakan kemampuan digital marketing tersebut untuk keperluan lain seperti bisnis dalam bidang lain.

Ketiga, kamu akan memiliki jaringan yang luas. Berproses menjadi seorang eksportir sukses, kamu diharuskan untuk memiliki banyak koneksi dengan supplier, forwarder, investor, atase-atase perdagangan, coach-coach atau mentor-mentor bisnis, dan lainnya.

Keempat, ilmu tentang ekspor. Ini jelas akan kamu raih. Untuk menjalani aktivitas ekspor, tentu kamu harus memiliki ilmu tentang ekspor. Ilmu tentang ekspor banyak berkaitan dengan ilmu dagang pada umumnya. Dengan menguasainya, kamu akan memiliki skill berdagang yang bagus.

Kelima, kemampuan berbahasa asing. Bagaimana bisa kita menggunakan bahasa lokal untuk berkomunikasi dengan para buyer dari luar negeri. Tentu kita harus berkomunikasi dalam bahasa asing, walau tidak begitu lancar. Walau kita hanya menggunakan piranti bantuan seperti google translate, kita akan semakin akrab berkomunikasi dalam bahasa asing. Setidaknya hal tersebtu dibuktikan oleh banyak eksportir yang tadinya benar-benar nol dalam berbahasa inggris, menjadi cukup mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris.

Keenam, kualitas kepribadian kamu akan terasah. Bagaimana tidak, dalam berproses menjadi eksportir sukses,  kamu diharuskan untuk bersabar. Bersabar dalam upaya mencapai target. tak perlu muluk-muluk. Targetkan untuk bisa closing dua kontainer saja dalam setahun. Berdasarkan pengalaman banyak orang, target tersebut bisa dicapai. Bersabar dan berfokus untuk mencapai target 2 kontainer dalam setahun bisa memperbagus kualitas kepribadianmu. Kemampuan fokus dan bersabar itu sangat penting, bukan hanya dalam dunia ekspor, melainkan juga diaplikasikan dalam bidang lain. Yang menarik dari target ekspor adalah, ketika kita mencapai target pertama, biasanya kita akan lebih mudah untuk mencapai target-target selanjutnya. 2 kontainer pertama akan membuat kita semangat dan penuh keyakinan untuk mencapai target pengiriman kontainer-kontainer selanjutnya.

So, tak ada ruginya sama sekali berproses menjadi seorang eksportir. Jika tidak meraih target finansial (which is unlikely), maka kamu bisa meraih segala hal yang diuraikan di atas.

Hidup ini hanya sekali, lakukan upaya yang memberdayakan segala energi daya kemampuan yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan puas menjalani hidup. Nantinya, kamu akan memiliki cerita-cerita hebat untuk dikenang dan dijadikan pelajaran banyak orang.

Hanya hidup yang dipertaruhkan lah yang layak untuk dimenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar