Sabtu, 03 Agustus 2024

Fase yang Paling Menentukan dalam Proses Merintis dan Menjalani Bisnis Ekspor

 

 


Senang Saranya saat perusahaan secara legal sudah berdiri. Apalagi di struktur manajemen nampak namaku terpampang sebagai direktur utama. Aku memegang kendali penuh atas operasional perusahaan. senang lagi saat closing pertama (pecah telor) terjadi. Walau jumlah transaksinya tidak seberapa, namun hal tersebut bisa membuncahkan optimisme, bahwa aku sudah berada pada track yang bagus menjadi seorang eksportir.

Laiknya bisnis pada umumnya, ada situasi ups and downs. Ada situasi ramai pembeli, ada situasi sepi. Dinamika kehidupan di dunia bener-bener berpengaruh terhadap kondisi perusahaan. ketika ekonomi dunia membaik, daya beli masyarakat dunia naik, maka di situ potensi terjadinya transaksi menguat. Kali ini, aku berada pada masa dimana konsistensi, optimisme, dan keteguhanku diuji.

Aku sedang berada pada masa yang umumnya pebisnis ekspor alamai di awal perintisan atau pendirian perusahaan. Aku dan tim sudah subscribe B-2-B marketplace. Segala upaya sudah dan sedang dilakukan untuk memaksimalkan marketing, dengan harapan lekas terjadi closing. Hari-hari awal mengelola akun marketplace terasa membutuhkan banyak sikap sabra dan teguh. Fokus pada penumbuhan akun agar mencapai level optimal. Fokus mengelola akun agar produk yang kami posting bisa masuk di halaman pertama pencarian. Hari berganti minggu, minggu berganti bulan, lead sudah mulai masuk. Mulai nampak banyak orang kepoin produk kami dan menanyakan detail spek serta harga. Satu demi satu kami balas dengan senang hati. Qodarulloh, belum ada deal yang tercipta dari akun marketplace ini. Tetap jaga optimisme, dan tetap terus berproses.

Aku meyakini bahwa hasil tidak akan menghianati proses. Sebagai makhluk beragama, aku meyakini pula bahwa tugas manusia adalah berikhtiar dan berdoa. Soal hasil, bukan aku yang berkuasa, melainkan Alloh SWT melalui kasih sayang nya lah yang menentukannya.

Kini, aku sedang menikmati proses. Proses yang memang mau tidak mau harus aku nikmati dalam menjalaninya. Aku yakini bahwa pencapaian besar tercipta melalui determinasi tinggi. Tidak ada yang sia-sia dengan berproses. Tidak ada yang sia-sia dengan ikhiar penuh kesabaran. Semua peraih pencapaian besar pasti pernah melewati masa-masa perjuangan. Dan ini lha yang sedang aku alami.

Aku meyakini bahwa tidak ada proses yang sia-sia. Walau sekarang belum tercapai deal besar, setidaknya aku mendapatkan ilmu, keterampilan, dan pengalaman, yang semuanya itu sangat berguna bagiku.

Aku berada pada jalur yang tepat untuk menjadi seorang eksportir. Kini, dengan ragam komoditas yang kita fokuskan, aku yakin bahwa aku dan timku akan menjadi leader di sector yang kami geluti. Sekarang, orang lain mungkin menganggap remeh si perusahaan yang masih bayi ini. Namun, bayi bisa tumbuh berkembang menjadi besar dan kuat, ketika dirawat dengan ketekunan dan determinasi.

Insya Alloh, aku segera menuai hasil baiknya. Hari-hari ini aku disibukkan membalas chat dari para potential buyers dari berbagai negara. Ada yang menginginkan cengkeh. Ada yang membutuhkan vanili. Ada yang ingin memesan cinnamon. Ada yang menanyakan jahe. Ada yang menanyakan nutmeg. Ada yang menanyakan kapulaga. Insya ALLoh pada saatnya aku akan disibukkan dengan menerima transferan pelunasan dari para buyer secara rutin setiap harinya.

Berkah berkah berkaaah…

Insya ALloh…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar