Sabtu, 17 Agustus 2024

Refleksi Progres Company PT. Agro Global Persada

 



Dua bulan sudah berlalu sejak aku mengikuti rangkaian program pendampingan eksportir dari PPEJP. Kini ada dorongan untuk lekas-lekas pecah telor yang kontaineran. Ekspor vanili yang selama ini permintaannya hanya berkisar puluhan hingga ratusan kilo memang cukup menjanjikan. Sangat menantang rasanya untuk mendapatkan buyer vanili dengan kuantitas tonase atau bahkan kontaineran. Mungkin bisa, jika aku menarget perusahaan-perusahaan besar.

Kini aku terobsesi untuk bisa pecah telor ekspor kontaineran.  Ingin rasanya merasakan pelepasan container pertama, sebagaimana teman-teman lain yang sudah pecah telor duluan. Produk yang paling memungkinkan, sepertinya, adalah cardamoms, cloves, cinnamon, betelnut, pepper, dan nutmegs. Tiga minggu terakhir, ada beberapa leads dan inquiry masuk. Belum jodoh dan rejekinya aja kali ya, sehingga belum deal. Walaupun belum deal, ini adalah starting yang bagus. Setidaknya, akun Alibaba yang baru berumur hamper 2 bulan sudah bisa memancing lead masuk. Bulan ketiga harus tercapai target closing. Satu container pertama harus rilis. Berikutnya, targetku adalah mendapatkan long-term business dengan buyer loyal. Insya Alloh bisa.

Sekarang, aku ingin mencoba refleksi diri. Apa hal yang harus aku optimalkan lagi. Mengolah Alibaba sudah. Namun sepertinya butuh konsistensi. Perhari harus unggah 5 produk. Ndak usah pedulikan peran anggota tim yang lain. Cukup ini jadi focus pribadiku saja, nda masalah. Pokoknya, tiap hari 5 produk. Tiap minggu ambil dua RFQ. Dua RFQ per minggu saja, masih lebih dari cukup. Bahkan sepertinya 3 RFQ tiap minggu juga masih sangat memungkinkan. Bulan September ini, tim ku harus mencapai minimal level 2-star. Insya Alloh bisa!

Eksekusikan rencana satu per satu. Jika upload produk sudah konsisten, dan pemanfaatan RFQ sudah maksimal, maka sepertinya perlu juga untuk berpikir mengalokasikan anggaran untuk ngiklan. Ini bisa dibicarakan dengan tim. Budget awal boleh lah 3 juta dulu. Selanjutnya, melihat sikon dan progress yang ada.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah memaksimalkan peran website. Ini hal penting yang sepertinya masih belum mendapat perhatian serius dari tim. Tim ini, kalo boleh jujur, masih belum bekerja secara efektif dan maksimal. Namun masih dalam batas toleransi sih, karena kita masih di tahap awal pendirian perusahaan. Masih banyak single-fight nya. Masih banyak hal yang harus aku kerjakan sendiri. Melelahkan sih, namun setidaknya aku jadi paham banyak hal detil. Ini bagus buat aku memahami dan mendapatkan framework mendirikan perusahaan sendiri secara mandiri kedepannya. Namun, tentu kinerja seperti ini harus dirubah secara berkala. Tidak bisa aku terus-menerus menjadi single-fighter seperti ini. Harus ada optimalisasi tim.

Lantas, apa saja hal-hal yang kira-kira bakal berpengaruh terhadap performa perusahaan?

To wrap up, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan.

1.      Optimalisasi company website dan Alibaba minisite

2.      Posting produk secara konsisten

3.      Fast response terhadap inquiry (upayakan less than 12 hours)

4.      Create company profile yang elegan dan professional

5.      Ciptakan website yang professional

6.      Terus jalin komunikasi efektif dengan para supplier

7.      Focus dan yakin bahwa 1 kontainer pertama dari cengkeh dan cardamom pasti pecah telor, dengan izin Alloh SWT

Itu saja sih refleksi dari progress perusahaan ini untuk sementara.

Bismillah… Yakin banget bahwa Alloh meridhoi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar