Di awal
bulan Januari ini, aku merasa menjadi orang yang cukup produktif. Kini, aku
memiliki aktivitas baru yang aku sesali kenapa baru kali ini aku lakukan. Aku mencoba
mengikuti beberapa kursus berbayar. Fokusku ada pada digital marketing. Segala hal
yang berhubungan dengan pemasaran secara digital.
Aku baru menyadari
betapa belajar digital marketing adalah hal yang sangat worth it untuk
dilakukan. Bukan semata ia bermanfaat untuk menjual produk, melainkan juga ia
bermanfaat untuk banyak hal lainnya.
Sejatinya,
setiap dari kita adalah penjual. Sekalipun kita bukanlah seorang pebisnis, kita
adalah penjual. Seorang pekerja menjual keterampilan dan waktunya. Terlebih seorang
pebisnis, tentu ia harus memiliki kemampuan untuk meyakinkan orang supaya
memiliki produk yang ditawarkannya.
Kenapa baru
sekarang aku menekuni dan menikmati belajar serta praktik digital marketing? Alasannya
adalah dulu aku begitu skeptis dengan hal-hal yang berhubungan dengan digital
marketing. Alam bawah sadarku menyatakan bahwa digital marketing adalah dunia
yang rumit. Butuh banyak effort untuk menguasainya. Namun itu dulu. Sekarang,
aku paham betapa melalui proses berkesinambungan, belajar digital maekting
adala hal yang mudah dan menyenangkan.
Aku berterimakasih
pada Alloh SWT, betapa di jaman sekarang, semuanya dimudahkan. Aku tak perlu
repot-repot mencari tempat kursus onsite. Cukup searching di google atau media social,
bisa aku dapatkan tempat kursus yang menawarkan akses belajar secara daring. Secara
fleksibilitas waktu, aku sangat menikmati model kursus daring semacam ini.
Kali ini
aku sedang focus pada Google Ads. Setelah ini, aku akan mendalami lagi FB dan
IG Ads. Untuk yang terakhir, meski aku pernah mempelajarinya sebelumnya, aku
belum benar-benar memanen hasilnya. Sepertinya hal itu terjadi karena aku
kurang focus. Maklum, resiko orang yang masih berstatus sebagai pekerja 9-to-5
adalah soal focus ketika ingin mendalami hal lainnya.
Aku jadi
semakin menikmati proses belajar ini. Mungkin memang sudah waktunya aku menikmati
mendalami proses belajar google ads ini. Ataukah memang karena cara penyampaian
materi yang disajikan oleh platform belajar begitu memudahkan aku untuk
memahaminya.
Ternyata tak
begitu rumit untuk memahami framewok beriklan di google. Aku jadi semakin
familiar dengan berbagai hal tentang beriklan di google. Istilah campaign, call
to action, bids, leads, discovery ads, setting audience, keywords planning, dan
sebagainya. Semakin asyik untuk diakrabi.
Aku berharap
semua orang bisa merasakan belajar semenyenangkan ini. Agar semuanya sama-sama semakin
bertumbuh. Dengan begitu hidup terasa makin berarti dan penuh optimisme.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar