Kamis, 23 Februari 2017

Berguru kepada Youtube



Siapa sih orang yang tidak kenal Youtube? Mungkin ada. Namun di jaman dimana teknologi sudah berkembang pesat seperti sekarang ini, pasti banyak yang sudah mengenalnya. Ada beragam alsanan orang mengakses Youtube. Diantaranya adalah sebagai sarana hiburan, belajar, dan menyalurkan ekspresi. Namun taukah kawan? Youtube bisa kita perankan sebagai guru kita loh. 

Saya mempunyai sebuah cerita tentang seseorang yang menggunakan Youtube sebagai gurunya, hingga ia bisa mencapai suatu keberhasilan yang sangat besar dalam hidupnya. Namanya adalah Julius Yego, seorang atlit lempar lembing dari negara Kenya. Dalam dunia olahraga, Kenya merupakan negara yag seringkali menjuarai lomba lari marathon. Kenya  sama sekali bukanlah negara yang memiliki profil yang cemerlang dalam olah raga lempar lembing, sebelum seorang atlit bernama Julius Yego menciptakan sejarah dalam olah raga tersebut. 

Yang menarik dari cerita Julius Yego bukanlah semata tentang keberhasilannya menjadi sang juara. Ya, memang benar bahwa dia adalah sang juara lomba lempar lembing. Tidak tanggung-tanggung, dia berhasil menjuarai lomba tersebut di level benua Afrika, dan menjadi juara Dunia pada bidang lomba yang sama di olimpiade Beijing. Namun hal yang menurut saya paling menarik adalah proses yang dia lalui hingga dia menjadi juara. Suatu ketika dia ditanya oleh wartawan tentang prosesnya mencapai prestasi besar tersebut. Dia ditanya tentang apakah negara memfasilitasinya dalma setiap latihan, dan apakah ada seorang guru yang ditunjuk untuk mengajari dan mendampinginya dalam setiap latihan. Jawaban yang dia berikan adalah TIDAK. Ternyata yang dia lakukan selama berlatih adalah berguru kepada Youtube. Dia mengakses Youtube di sebuah warnet yang terletak cukup jauh dari tempat tinggalnya. Dia berkunjung ke warnet tersebut pertamakali ketika dia pergi ke kota. Dari Youtube, dia belajar tentang bagaimana para juara dunia bisa berhasil menjadi juara lempar lembing, tentang teknik-teknik jitu yang mereka gunakan. Begitu banyak video tentang lempar lembing yang dia tonton dan pelajari, dan kemudian dia praktikkan dengan segera. 

Selang 2 tahun setelah dia mulai belajar tentang lempar lembing melalui Youtube, dia menjadi Juara lomba lempar lembing di level Afrika. Setelah itu, dia menjadi juara di berbagai event lomba lempar lembing, hingga puncaknya pada tahhun 2015 dia menjadi Juara Dunia di Beijing. Luar biasa bukan? Sebenarnya semakin hari semakin banyak orang yang mendulang manfaat yang besar dari menonton Youtube. Ada seorang pengelola rumah makan di Malaysia yang belajar dari Youtube untuk meramu suatu masakan hingga menjadi sajian andalan yang membuat rumah makannya laris manis diburu pembeli. Dan mungkin ada banyak cerita lainnya tentang pencapaian besar dalam hidup yang dimulai dari berguru dari Youtube. Youtube bisa kita manfaatkan untuk apa saja. Saya sendiri juga memanfaatkannya untuk belajar bahasa asing, yaitu bahasa Jepang. 


Kita patut bersyukur, perkembangan jaman semakin memudahkan kita untuk mengakses berbagai belajar secara terjangkau. Maka, sudah tidak ada alasan lagi bagi setiap dari kita untuk tidak berhasil dalam hidup. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar