Minggu, 15 Mei 2016

Bermalam di Capsule Hotel

      Tiap tahun, semakin banyak orang indonesia yang melancong ke negeri Jepang. Jepang memang menawarkan begitu banyak tempat wisata yang membuat orang kepincut untuk mengunjunginya. Kota-kota besar seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, Nagoya dan kobe sering menjadi tempat tujuan wisata ketika berkunjung ke Jepang. Sehingga, butuh waktu berhari-hari untuk bisa mengunjungi sebanyak mungkin tempat menarik di berbagai sudut Jepang. 

      Semakin lama kita di jepang, tentu mengharuskan semakin lama pula kita menginap di sana. Zaman makin berkembang. Banyak diantara para pelancong yang mencari kesempatan untuk mendapatkan tumpangan menginap secara gratis via berbagai media sosial seperti hospitalityclub.org, couchsurfing, maupun media lainnya. Namun, mencari teman sesama pengguna media tersebut untuk memberikan kita tumpangan menginap tak selalu berhasil. Hal tersebut mengharuskan kita untuk mencari tempat menginap yang berbayar. Bagi kalangan jetset, tentu hal tersebut mudah. Tinggal mencari hotel sesuai selera, seberapa pun tarifnya permalam, tinggal bayar. Namun bagi para pelancong yang memiliki budget yang terbatas, mereka harus mencari cara agar bisa mendapatkan tempat menginap yang terjangkau. 

      Di berbagai kota besar di jepang, ada tempat menginap yang cukup terjangkau bagi para backpacker, namun memiliki fasilitas yang cukup nyaman dan memuaskan. Penginapan tersebut bernama Capsule Hotel. Hotel tersebut menggunakan istilah ‘capsule’ karena bentuk dan ukurannya yang mirip ruang capsule yang ada pada ruang perawatan intensif di rumah sakit. Bentuknya hampir seperti lemari yang direbahkan. Sangat jauh dari ukuran kamar hotel pada umumnya. kamar yang tersedia di capsule hotel hanya cukup untuk menampung ukuran tubuh kita. Memiliki panjang sekitar 230 cm dengan lebar dan tinggi kira-kira 100cm. Penghuni bisa duduk lurus, namun tak bisa berdiri di dalamnya. Meski sempit, ruang Capsule tersebut umumnya dilengkapi dengan TV serta lampu yang semuanya bisa dikendalikan dengan mengatur tombol panel di sisi sebelah kanan dalam ruangan.
Kamar Capsule Hotel
Hotel Sauna and Capsule New century Hotel (Bagian depan)
Kamar di Capsule Hotel tersusun seperti lemari
       Ruangan yang relatif sempit tersebut tentunya tak menyediakan tempat mandi/toilet di dalamnya. Untuk keperluan bersih-bersih badan, pelanggan bisa memanfaatkan shared bathroom dan shared toilet. Karena sempitnya ruangan, pelanggan biasanya diminta untuk menyimpan tas/barang-barang yang mereka bawa di locker yang telah disediakan. Sepatu yang mereka kenakan juga harus disimpan di locker khusus sepatu. Selain faktor sempitnya ukuran kamar, keharusan menyimpan barang di locker juga disebabkan tak adanya kunci di kamar tidur. Dengan hal tersebut, pihak manajemen hotel bermaksud menjamin keamanan pengunjung. Namun pengunjung diperbolehkan untuk menyimpan barang-barang yang mereka bawa di dalam tempat tidur, dengan konsekuensi keamanan yang harus ditanggung sendiri oleh pengunjung, tentunya.
Vending Machine
Locker sepatu/alas kaki
Ruang Massage
Shared Bathroom and pool
Dinning room
Dapur umum

Locker Sepatu
Ruang Perawatan tubuh


Shared Toilet

Ruang kosmetik

locker tas/barang berharga


Ruang Perawatan tubuh

      Capsule Hotel sudah menjadi trend di Jepang. Banyak pilihan Capsule Hotel yang tersedia di sana. Ada yang menawarkan fasilitas seadanya, yang hanya menyediakan fasilitas untuk keperluan-keperluan primer seperti tidur dan bersih-bersih badan. Ada pula Capsule hotel yang menyediakan fasilitas tambahan yang lebih lengkap, sehingga menarik minat pengunjung. Tentunya, yang kedua menetapkan tarif ynag lebih mahal dari yang pertama. Rentang tarif yang ditetapkan di capsule hotel berkisar antara 2000-6000 yen. Murah mahalnya tarif tak semata ditetukan oleh kondisi fasilitas, namun juga oleh jumlah permintaan pemesanan. Di waktu peak season seperti masa libur Golden week, dimana permintaan reservasi di Capsule Hotel sangat besar, biasanya tarif hotel naik. Namun di waktu normal, kadang justru pihak hotel memberikan diskon yang cukup signifikan untuk tarif meninap permalamnya. 

       Penulis pertama kali mencoba menginap di Capsule Hotel di daerah Taito, sebelah barat stasiun Ueno, Tokyo. Hotel tersebut bernama Capsule and sauna new century hotel. Penulis memilih hotel tersebut karena tarif yang cukup murah, hanya 2000 yen per malam, dan banyaknya fasilitas yang tersedia. Di hotel tersebut, ada fasilitas ruang perawatan tubuh yang dilengkapi dengan berbagai peralatan kosmetik dan peralatan perawatan tubuh lainnya seperti hairdryer, pencukur kumis dan janggut, sikat gigi, minyak rambut, tonik rambut, lotion untuk kulit wajah dan tubuh, dan lainnya. Selain itu, ada tempat sauna, kolam renang mini dengan pilihan air dingin dan hangat, ruang makan, ruang laundry, dapur, ruang santai yang difasilitasi dengan TV layar datar, kursi-kursi sofa yang bisa disetting untuk tidur, Minuman dingin dan hangat gratis, serta koneksi free wifi yang memiliki kecepatan yang memuaskan. 

      Menginap di Capsule and sauna new century hotel  tears sancta menyenangkan. Hanya saja, kelemahannya adalah lokasinya yang cukup sulit untuk dicari pertama kali. Penulis mencoba mencari lokasi hotel tersebut menggunakan fitur Google Map. Namun, karena bagian depan gedung yang cukup sempit untuk ukuran muka bangunan sebuah hotel, maka terasa cukup menyita banyak waktu untuk mencarinya. Bahkan, penulis sempat salah masuk ke beberapa hotel, karena memang ada beberapa Capsule Hotel yang memiliki nama yang hampir sama, menggunakan kata ‘’Sauna n Capsule Century’’. Meski hotel-hotel masih berada dalam satu grup perusahaan, namun sejatinya memiliki manajemen yang berbeda. Ada yang century Capule Hotel, ada yang sauna and Capsule Hotel, dan ada yang bernama Sauna and Capsule new Century Hotel. 

       Bagi para pelancong yang ingin mengembara di kota-kota besar di Jepang, tinggal di Capsule Hotel sepertinya layak dicoba. Untuk melakukan reservasi, sangatlah mudah. Reservasi bisa dilakukan tanpa keharusan untuk melakukan transaksi pembayaran secara langsung saat reservasi, karena pembayaran bisa dilakukan ketika kita sudah tiba di hotel. 
Selamat mencoba pengalaman baru!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar