Senin, 13 Mei 2024

Rejeki dan Kapasitas

 


Kamu berdo’a supaya diberi penghasilan 20 miliar rumiah setiap bulan. Menurutmu, apa yang membuat Alloh layak mengabulkannya?

Apakah kira-kira kamu sudah pantas mendapatkannya?

Apakah kamu punya kapasitas untuk mendapatkannya?

Pertanyaan yang sama berlaku untuk hal lain, seperti berdo’a supaya diberi pasangan yang keren. Bedo’a supaya diberi circle yang penuh dengan sahabat-sahabat yang hebat. Berdoa supaya bisa menjadi seorang pimpinan perusahaan yang sukses.

Dan sebagainya.

Nah, apakah kamu sudah layak mendapatkannya?

Gini ya, memang Alloh adalah Dzat yang maha kuasa atas segala apa pun di dunia ini. Dunia ini adalah ciptaanNya. Mudha saja bagi Alloh untuk menentukan sesuatu dengan ”kun fayakun”. Jika Alloh menghendaki sesuatu terjadi, maka terjadilah.

Namun, untuk urusan dunia. Untuk kun fayakun yang berkaitan dengan dunia, Alloh menggunakan hukum dunia. Artinya, segala sesuatu terjadi, atau Alloh biarkan terjadi melalui asbab muasabab duniawi. Orang sembuh karena ikhtiar berobat. Orang mendapatkan uang karena berusaha, atau karena sebab lain melalui perantara manusia. Orang mendapatkan circle positif karena dia sendiri memiliki energi positif yang berasal dari budi pekerti luhur yang dia tumbuh-kembangkan. Yang jelas, Alloh tidak memberi kita sejumlah uang yang kita kehendaki dengan cara, misalnya, menurunkannya dari langit atau menaruhnya begitu saja di dompet kita secara tiba-tiba. Alloh tidak memberi kita circle positif tanpa ada upaya dari diri kita untuk mendapatkannya. Semuanya Alloh wujudkan melalui asbab muasabab duniawi.

Nah, kembali ke pertanyaan awal, jika kamu berdoa mengharapkan diwujudkannya suatu hal tertentu, apa yang membuat kamu pantas untuk mendapatkannya?

Jawabannya adalah kapasitas.

Perbaiki kapasitasmu. Perbagus kapasitasmu. Perbaiki kepantasanmu. Maka kamu akan lebih dekat ke besarnya kemungkinan untuk mendapati cita-citamu terkabul.

Ingin meraih 20 milyar setiap bulan? Perbesar kapasitasmu. Jalani usaha yang membuatmu memiliki kapasitas untuk meraih 20 milyar per bulan. Atau miliki keterampilan yang membuatmu layak untuk meraih uang sejumlah itu.

Ingin mendapatkan sahabt-sahabat yang berenergi positif? Maka miliki energi positif terlebih dahulu. Miliki kepribadian yang positif jika kamu ingin memiliki circle yang berisi orang-orang yang berkeribadian positif. Ingat, orang hanya akan mau berkumpul dengan orang lain yang se-frekuensi.

Ingin menjadi pemimpin yang sukses dalam segala konteks kepemimpinan? Miliki kapasitas berupa kemampuan berkomunikasi yang bagus, kemampuan problem solving yang bagus, kemampuan interaksi social yang bagus, kemampuan berkreasi yang keren, wawasan yang luas, pikiran yang visioner serta out of the box, control diri yang sempurna, serta mampu berkolaborasi dengan baik.

Intinya, cara paling masuk akal untuk mewujudkan impian, do’a atau harapan adalah dengan memperbesar kapasitas. Miliki kapasitas itu, maka ALloh akan mewujudkan doa dna harapanmu.

“Man jadda wajada”

“Sesungguhnya Alloh tidak merubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka berusaha merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar